Nota Kesepahaman Layanan Jasa Perbankan Ditandatangani

Sebagai tindak lanjut dari seleksi terhadap lima Bank umum di wilayah NTT yang telah menjadi Bank mitra Undana dalam pengelolaan rekening keuangan milik Undana yang berubah status dari Satker menjadi BLU beberapa waktu lalu.

Salah satu PT Bank Bukopin Cabang Kupang  telah mendapat kepercayaan dari pimpinan Undana, setelah melewati berbagai tahap seleksi sehingga dapat diterima sebagai Bank mitra Undana yang Nota Kesepahamannya ditandatangani masing-masing oleh Prof.Ir.Fredrik L.Benu,M.Sc.,Ph.D,  (sebagai Rektor Undana), dan Alberd (sebagai Pemimpin Cabang PT Bank Bukopin) di ruang rapat rektorat lantai dua Undana Penfui, Selasa (23/10). Turut menyaksikan acara penandatangan tersebut, selain Rektor, Wakil Rektor Bidang Adm.Umum dan Keuangan, Prof.Drs.Mangadas Lumban Gaol,M.Si.,Ph.D, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Ir.I Wayan Mudita,M.Sc.,Ph.D, Kepala Biro Adm.Umum dan Keuangan, Ir. Benny J. Pandie serta para pejabat Bank Bukopin.

Salah satu butir Nota Kesepahaman tersebut mengatur dasar pelaksanaan bagi para kedua belah pihak berdasarkan peraturan perundang-undangan dengan cakupan kegiatan tersebut yakni untuk mendukung dan mengoptimalkan pelaksanaan tugas para pihak melalui fungsi masing-masing, koordinasi, dan kolaborasi sesuai tugas dan wewenang.

Pasal 2 mengatur ruang lingkup nota kesepahaman adalah kegiatan yang mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi melalui penggunaan layanan jasa perbankan dan kegiatan lain yang disepakati bersama oleh para pihak, serta ruang lingkup kerjasama sebagaimana dimaksud ayat 1 pasal dua dilaksanakan oleh para pihak berdasarkan peraturan perundang-undangan terkait yang berlaku.

Disela-sela usai penandatanganan naskah nota kesepahaman tersebut, Rektor, Prof. Fred Benu menjelaskan perbedaan antara PTN yang sudah BLU dengan sebelumnya hanya terletak pada pengelaan keuangan yang bersumber dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sebelum BLU, semua  penerimaan PNBP disetor ke kas negara. Setelah BLU, tidak diperlukan penyetoran ke kas negara, namun tetap dipertanggungjawabkan penggunaannya ke Kemenristekdikti. “Jadi saat ini Undana sudah BLU, itu berarti memiliki kewenangan untuk menempatkan uang Undana di Bank mana saja, asal dapat memenuhi beberapa kriteria yang ditawarkan pimpinan Undana seperti sistem yang disediakan oleh Bank harus terintegrasi dengan sistem informasi Akademik (SIAKAD) dan sistem informasi akuntansi BLU Undana dan dapat diakses secara online.

Pada kesempatan itu, pimpinan PT Bank Bokupin, Alberd terlihat dapat menyanggupi kriteria umum yang tercantum di dalam format penilaian seleksi penentuan Bank mitra Undana. Pihaknya pada kesempatan itu berterima kasih atas kepercayaan Undana dapat bermitra dengan PT Bank Bokupin  Tbk yang ia pimpin.

Karena itu, Rektor Prof. Fred Benu meminta kedepan agar Bank yang telah ditunjuk sebagai Bank mitra Undana untuk dapat mengelola dana Undana harus lebih transparan dan akuntabel. [ds]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *