Konjen India Tawar Kerja Sama Undana

Konsulat Jenderal (Konjen) India menawarkan bantuan kerja sama dengan Universitas Nusa Cendana (Undana) guna mengembangkan proses belajar-mengajar dengan jalan meningkatkan kerjasama, terutama di bidang pendidikan tinggi. Hal itu terungkap pada kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) India di Bali, R.O. Sunil Babu ke Undana yang diterima langsung oleh Rektor, Prof.Ir.Fredrik L.Benu,M.Si.,Ph.D, diruang kerja rektor lantai dua Undana Penfui, Senin, (21/11).

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Ir.I Wayan Mudita,M.Sc.,Ph.D mengatakan, dalam pertemuan tersebut  Konjen Sunil menyampaikan baru genap satu tahun ia menjabat sebagai Konsulat Jenderal India di Bali. Karena baru setahun menjebat, sehingga Sunil ingin berkunjung keseluruh wilayah kerjanya yang mencakup NTT, Maluku, Papua, seluruh Sulawesi dan dua provinsi  di Kalimantan yaitu Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Konjen Sunil mengatakan, pada saat melakukan perkunjungan ke NTT untuk bertemua dengan Gubernur, Drs.Frans Lebu Raya, tetapi sedang dinas di luar kota, sehingga ia hanya sempat bertemu dengan Wali Kota Kupang, Dr.Jefri Riwu Koreh.

Menurut I Wayan Mudita, dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai peluang Undana menjejaki kerja sama dengan universitas di India, terutama di India bagian selatan yang hampir sama iklim dengan di NTT yang kering. Pada kesempatan itu, Rektor Fred Benu memberikan informasi bahwa selama ini Undana hanya focus kerja sama dengan dengan Australia, dan Selandia Baru, dan juga berencana membuka kerja sama ke bagian Barat, tetapi tidak terlalu jauh ke Barat karena akan membutuhkan banyak biaya dan terlalu mahal. Atas informasi itu, Konjen Sunil Babu berjanji akan membantu Undana dalam meningkatkan pengembangan sumber daya manusia Undana. [ds]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *