IOB-Undana Sepakat Kerjasama

Satu lagi naskah kerjasama luar negeri ditandatangani. Kali ini, East Timor Institute Of Business (IOB) Timor Timur, Rua Praia dos Coqueiros Dili menawarkan kerjasama dengan Universitas Nusa Cendana (Undana). Acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Nota Kesepahaman berlangsung di ruang rapat rektorat lantai dua Undana Penfui, Selasa, (18/2/2019), masing-masing dilakukan oleh Rector IOB, Dr. Augusto Da Conceicao Soares,SE.,MM dengan Rektor Undana, Prof.Ir.Fredrik L.Benu,M.Si.,Ph.D, disaksikan President of Governing Board, Dr.Pedro Ximenes,ST.,MM, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Ir.I Wayan Mudita,M.Sc.,Ph.D, Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Undana, Dr. Octovianus Nawa Pau,MM dan Kepala IRO, Ir. Maria Lobo, M.Math. Sc.,Ph.D.

Naskah MoU Pasal 2 menyebutkan, kedua belah pihak setuju untuk menjajaki kemungkinan melakukan pertukaran dosen dalam kegiatan mengajar bersama dan membimbing mahasiswa bersama. Kedua belah pihak juga setuju untuk menjajaki kemungkinan pengembangan program pertukaran mahasiswa. Selain itu, kedua belah pihak setuju untuk mempelajari kemungkinan mengorganisasikan bersama program pelatihan bergelar maupun non-gelar. Kedua belah pihak setuju menjajaki kemungkinan melaksanakan penelitian ilmiah bersama. Proyek penelitian bersama yang sedang berjalan akan dinegosasikan secara terpisah sesuai dengan kebutuhan masing-masing pihak. Kedua belah pihak setuju untuk menjajaki kemungkinan melaksanakan konferensi dan publikasi bersama serta pertukaran publikasi kelembagaan seperti laporan tahunan, publikasi hasil penelitian serta kegiatan lain yang menarik minat kedua belah pihak.

Pasal 6, Nota Kesepahaman berlaku selama lima tahun, dan dapat diperbaharui melalui kesepakatan bersama secara tertulis. Tiap pihak berhak untuk mengakhiri perjanjian dengan memberitahukan secara tertulis melalui kantor urusan internasional sekurang-kurangnya enam bulan sebelum menghentikan kerjasama. Perubahan atas nota kesepahaman ini hanya dapat dilakukan melalui amandemen yang dirundingkan oleh kedua belah pihak.

Rector IOB, Dr.Augusto da Conceicao Soares, SE.,MM kepada media ini mengatakan, alasan utama pihaknya melakukan kerjasama dengan Undana, karena Undana menurutnya merupakan satu-satunya universitas negeri tertua dan terbesar bahkan terbaik di Indonesia, khususnya di NTT. “Jadi alasan kami memilih Undana supaya dapat mendampingi Institut Bisnis Timor Timur yang baru berdiri, sehingga bisa membantu pengembangan kualitas sumber daya manusia dalam tingkat pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Jadi kerjasama lintas negara ini kami lakukan agar Undana dapat memfasilitasi dalam berbagai bidang, termasuk pertukaran dosen dan mahasiswa yang telah diatur dalam naskah kerjasama tadi,” ungkapnya.

Dekan FEB, Dr. Octovianus Nawa Pau pada kesempatan itu mengatakan, sudah saatnya Undana harus banyak melakukan kerjasama dengan universitas di luar negeri sesuai dengan visi misi Undana, universitas berwawasan global.

Kerjasama tadi dengan Eas Timor Institute of Business, memang itu berada di negara tetangga, tetapi tetap luar negeri, sehingga itu akan memudahkan baik Undana dan IOB terus membangun relasi-relasi dengan universitas di luar negeri, sehingga satu ketika kita bisa dapat berkunjung ke Dilli yang sekarang di sebut Timor Leste. “Jadi pada prinsipnya pimpinan universitas dan fakultas sangat mengapresiasi kerjasama tersebut untuk terus membangun relasi dengan universitas di luar negeri guna membangun bidang bisnis,” paparnya.

Penulis Berita dan Editor : David Sir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *