Undana Dipercaya Melakukan Tes Toefel

Kantor Urusan Internasional (International Relationship Office/IRO) Universitas Nusa Cendana (Undana) kembali menggelar pameran pendidikan bertaraf internasional 2019 di Lantai Tiga Gedung Pascasarjana Undana, Jumat (5/4). Pameran yang diadakan selama dua hari itu bertujuan mempersiapkan generasi muda Nusa Tenggara Timur untuk berdaya saing dan mampu memenangkan persaingan di era globalisasi. Selain itu, pameran ini pun bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam skala internasional.

Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si, Ph.D ketika membuka pameran tersebut mengatakan, pameran tersebut telah berlangsung 6 kali sejak dibuka pertama kali pada tahun 2014 silam. Menurutnya, pameran tersebut memberikan kesempatan kepada para generasi muda, baik mahasiswa maupun pelajar SMA untuk mendapat informasi tentang beasiswa kuliah S-1 hingga S-3 di dalam dan luar negeri.

Dalam sambutannya menggunakan Bahasa Inggris tersebut, Rektor  Undana dua periode itu menyampaikan terima kasih kepada para vendor beasiswa, perwakilan universitas, agen pendidikan, sponsor dan UMKM lokal. Menurutnya, untuk melanjutkan studi, Undana merupakan satu-satunya PTN di NTT yang dipercaya melakukan tes TOEFL ITP bagi para pencari beasiswa. Untuk itu, ia mengajak para pencari beasiswa untuk mengikuti semua tahapan, mulai dari persiapan belajar, kursus hingga tes TOEFL ITP. Begitupun dengan tes TOEFL IBT yang bida dilakukan di luar Kupang, maupun di luar negeri.

Perwakilan Universitas Charles Darwin, Australia, Citta Disnari dalam sambutannya menyampaikan aspirasinya atas pameran pendidikan internasional itu. “Selamat atas even tahunan yang (selalu) berjalan dengan baik,” ujarnya. Ia mengatakan, pameran tersebt bisa menjadi sarana dan kesempatan bagi para pencari beasiswa. “Kita dapat berbagi informasi tentang pendidikan, dan sarana penelitian serta kesempatan beasiswa dalam dan luar negeri yang tersedia saat ini,” paparnya. Dia berharap, pameran tersebut berjalan lancar dan sukses. “Tidak saja bagi civitas Undana tetapi semua masyarakat secara keseluruhan. Terima kasih atas kesempatan bagi kami untuk ikut serta,” tutupnya.

Ketua Panitia Pameran Pendidikan Internasional, Ir. Maria Lobo, M. Maths, Ph.D dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pameran ini diikuti oleh 10 vendor beasiswa dalam dan luar negeri, 12 UMKM dan 9 komunitas. Sementara, kata dia, stand yang ditempati oleh agen beasiswa luar negeri akan memberikan informasi tentang cara lamar beasiswa. Beberapa agen tersebut adalah Australia Awards Indonesia (AAI), IALF Global, Aminef, Nuffic Neso/Stuned, University of Twente, Charles Darwin University, BPS, PPAN, dan KPN (Kemenpora), LPDP dan Grow Dutch Universities. Selain itu, panitia juga akan kembali mengadakan simulasi IELTS dan tes TOEFL secara gratis. Ia mengatakan, calon peserta yang ingin mengikuti tes, terlebih dahulu mendaftarkan diri secara langsung di secretariatan panitia. “Saya juga mengundang warga Kota Kupang,  kalau tidak berhalangan, apalagi anda memiliki niat, minat atau cita-cita untuk melanjutkan studi ke luar negeri untuk datang pada acara pembukaan dan bagi yang sudah mendaftarkan diri dan dinyatakan lulus seleksi tes IELTS dan TOEFL agar tidak menyia-nyiakan kesempatan ini,” ajak Maria Lobo.

Sementara itu salah satu vendor beasiswa dari Fulbright University, Stormy Vertygo, S.Si, M.Si menjelaskan, semua persyaratan beasiswa mulai dari izasah sampai identitas bisa saja dengan mudah dimasukkan, tetapi yang menjadi kendala adalah skor TOEFL ITP, karena itu pameran tersebut, menurutnya sangat baik bagi para pelamar untuk melakukan tahap-tahap mengikuti tes TOEFL ITP di Undana. Tak hanya itu, ia juga mengatakan, setelah mendapaftar beasiswa menggunakan TOEFL ITP, maka biasanya universitas yang dituju para pelamar tidak secara langsung menerima, misalnya untuk luar negeri, maka pelamar harus mengikuti lagi tes TOEFL IBT minimal mendapat skor TOEFL IBT 5.50 bagi program magister dan 5.75 bagi program doktoral. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *