Undana Akan Punya Tax Centre

  • Dorong Civitas Akademika-Masyarakat Sadar Pajak

Universitas Nusa Cendana (Undana) dalam waktu dekat akan punya Tax Center (pusat pajak).  Hal itu ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Undana dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Nusa Tenggara di Hotel Aston Kupang, Rabu (27/2/2019).

Kepala Kanwil DJP Nusa Tenggara, Tri Bowo dalam sambutannya mengatakan, Tax Center telah dilakukan di berbagai tempat, termasuk kampus di seluruh Indonesia. Di NTT, Undana menjadi satu-satunya kampus yang mendapat kepercayaan dari Kanwil DJP Nusa Tenggara guna melakukan kerjasama. “Kita ingin coba memberikan kesadaran perpajakan khususnya kepada civitas akademika (akademisi, mahasiswa dan pegawai) dan masyarakat pada umumnya di wilayah Nusa Tenggara,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kelanjutan dari MoU itu adalah, mahasiswa akan melakukan praktik secara langsung, khsusnya yang ingin menjadi konsultan pajak. “Akan dimulai dari mahasiswa yang memahami tentang perpajakan. Jadi bukan setelah kuliah baru memahami tentang pajak, tetapi masih kuliah sudah memahami pajak. “Ke depan mahasiswa bisa berprofesi sebagai konsultan pajak. Sebelum lulus dari universitas kita harapkan mahasiswa tersebut sudah punya cita-cita kerja di kantor pajak,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, kehadiran Tax Center di Undana juga sangat baik, karena hal ini pun dapat membantu dosen, mahasiswa dan pegawai memahami peraturan pajak yang kian hari semakin berubah mengikuti perkembangan zaman.  Ia menyebut, ada survei yang menyebutkan bahwa mahasiswa yang tamat cenderung bekerja di kantor pajak. Karena itu, menurutnya, merupakan kebanggaannya. Mahasiswa Undana, kata dia, bukan tidak mungkin ke depan akan bekerja di kantor pajak.

Hal lain yang sangat penting, kata Tri Bowo, adalah pentingnya kontribusi pendapatan perjakana sebesar 82 persen dari keseluruhan penerimaan negara. Dengan kata lain, pendapatan pajak memiliki peranan penting dalam menopang APBN. Karena itu, dengan hadirnya tax centre di Undana, diharapkan menjadi partner DJP untuk membentuk masyarakat yang sadar pajak melalui penanaman karakter melalui pendidikan. Sehingga persepsi negatif tentang pajak dapat berubah dengan peningkatan kesadaran akan urgensi pajak dalam pembangunan nasional.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Undana, Dr. Siprianus Suban Garak M.Sc dalam sambutannya menyambut baik kerjasama yang dibangun antara DJP Nusa Tenggara dengan Undana. Pasalnya, Undana sangat membuka diri dan melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholders, termasuk DJP Nusa Tenggara. Menurutnya, hal tersebut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Undana, karena Undana mendapat kepercayaan guna membentuk Tax Center.

Karena itu, ke depan kesadaran pajak bagi para dosen, pegawai maupun mahasiswa, bahkan masyarakat bisa semakin meningkat dari saat ini. Selain itu, dengan Tax Center, kata dia, mampu menambah pengetahuan bagi mahasiswa dan dosen karena langsung mengaplikasikan ilmu yang diperoleh. Ia berharap, dalam pengembangan kurikulum di Undana, perlu diperhatikan dari sisi praktis, sehingga tidak berkutat pada teori ilmu pengetahuan saja, tetapi harus langsung melakukan praktik.

Sementara Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis, Dr. Oktovianus Nawa Pau, M.Si usai penandatanganan MoU tersebut mengatakan, kerjasama tersebut sangat baik. Ia mengaku, di FEB terdapat mata kuliah perpajakan. “Tetapi, hal itu sebatas teori. Ini (MoU) kan nanti sudah praktek. Sehingga kesadaran pajak akan timbul melalui pengalaman praktek di lapangan. Misalnya KKN, penyuluhan tentang perpajakan pada anak sekolah,” kata dia.

Menurutnya, penyadaran pajak harus dimulai dari usia anak-anak, seperti negara-negara maju.  “Kita memang belum terlambat, daripada kita tidak mulai, lebih baik kita memulai sekarang. Kita harus sadar bahwa negara ini maju kalau masyarakatnya bayar pajak, itu intinya,” ungkap Dr. Nawa Pau.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala KPP Pratama Kupang, Moch Lukman Hakim, para wakil dekan FEB dan sejumlah pegawai eselon III dan IV KPP Pratama Kupang. [rfl/ds]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *